Asal muasal dan fungsi kreasi tari nirmala

Share:
Asal muasal dan fungsi kreasi tari nirmala - Pencarian kesenian dan tarian budaya dengan kata kunci " Asal muasal dan fungsi kreasi tari nirmala " di temukan di suog.co. Untuk mencari informasi atau artikel sejarah yang sesuai dengan tarian, lagu daerah, alat musik tradisional, budaya, gambar, kesenian, asal usul, asal muasal, cerita rakyat anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.
Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs suog.co berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan sejarah di dunia, khususnya kesenian. Situs suog.co memiliki ratusan artikel kesenian tari dan alat musik tradisional misal "Asal muasal dan fungsi kreasi tari nirmala " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi ilmu pengetahuan anda.
Baca : Asal muasal dan fungsi kreasi tari nirmala
Gambar tari nirmala
Gambar tari nirmala
Tari nirmala berasal dari mana – Tari Nirmala mtermasuk dalam kategori tari kreasi, perpaduan tari Jepen dan Melayu. Perbedaannya adalah kedua tarian ini memiliki gerak khasnya masing-masing. Sedangkan persamaannya adalah kedua tarian ini dibawakan dengan lincah, semangat, dan cepat. Namun tari Nirmala ini lebih banyak mengadopsi gerakan dari tari Melayu. Karena lagu pengiringnya itu sendiri berasal dari Negri Jiran (Malaysia) yang berjudul “Nirmala” yang dinyanyikan oleh Diva terkenal, Siti Nurhaliza. Lagu ini sudah lama populer dikalangan masyarakat. Selain karena enak didengar, lagu ini banyak dijadian musik pengiring tarian. Tari ini telah banyak dibawakan oleh masyarakat dalam berbagai kreasi. Dan tari Nirmala yang Kami pertunjukkan adalah salah satunya.
Sinopsis tari nirmala
  • Berdasarkan fungsi dan tujuannya, tari ini adalah tari pertunjukkan
  • Berdasarkan gayanya, tari ini adalah tari kreasi modern
  • Berdasarkan penyajiannya, tari ini adalah tari kelompok
  • Berdasarkan tatemanya, tari ini adalah tari dramatik
Tari Nirmala adalah tari pertunjukkan, karena memang sering dibawakan pada acara-acara resmi sebagai pengisi acara. Tari ini juga termasuk tari kreasi modern karena sudah dikreasikan sedemikian rupa dengan kreativitas masyarakat sendiri, namun tidak meninggalkan budaya aslinya yaitu Melayu.Tari ini biasanya dibawakan berkelompok berpasangan. Namun, banyak juga dibawakan berkelompok dan terdiri dari para wanita. Karena aslinya, tari ini adalah tari pengiring atau tari latar karena mewakilkan isi atau makna dari lagu “Nirmala”, karena itu, tari ini juga bisa disebut tari dramatik atau tari bercerita yang mengisahkan tentang seorang wanita bangsawan yang menceritakan seorang pemuda yang sedang pergi berperang.
Kelebihan dan kekurangan tari nirmala
  • Tarian ini sangat cocok sebagai tari pertunjukkan dan hiburan
  • Tarian ini dapat dimasukkan berbagai macam variasi dan formasi
  • Tarian ini sangat enerjik dan lincah, sehingga terkadang penari akan kesulitan menjaga keseimbangan tubuhnya
  • Tarian ini adalah tari latar atau pengiring, sehingga tidak cocok dibawakan secara tunggal atau satu orang penari

1 komentar:


  1. ditunggu apa lagi hanya dengan minimal deposit 10.000
    mari coba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com

    BalasHapus